About HelpNona

Who We Are

Mari bersama berbagi daya, menjadi katalis perubahan bagi lingkungan sekitar. Say no to intimate partner violence, karena #CintaBukanLuka

HelpNona adalah inisiatif sosial yang berdiri pada Oktober 2015 dan bertujuan untuk membangun ruang diskusi dan ruang aman pada isu kekerasan oleh pasangan. Goal utama HelpNona adalah membangun awareness tentang bentuk relasi romantis yang bebas kekerasan. #HelpNona percaya bahwa setiap individu punya suara yang beragam untuk menuturkan aspirasinya. Karena pada siapapun, bentuk kekerasan tidak dapat dibenarkan.

What We Do

HelpNona terwujud berkat sistem kerelawanan. Kami percaya bahwa setiap individu memiliki daya untuk melakukan self-help terhadap ragam pengalaman yang dialaminya.  Tak hanya untuk diri sendiri, kami juga percaya bahwa individu muda memiliki potensi untuk menjadi support system bagi lingkungan di sekitarnya. Oleh karenanya, membangun sistem dukungan bagi isu kekerasan oleh pasangan adalah core utama kerja-kerja HelpNona.

HelpNona menerapkan sistem kerjasama dengan pakar dan lembaga dalam melaksanakan kegiatannya. Kerjasama yang kami lakukan adalah dengan menyusun info kit, publikasi, melaksanakan workshop, kampanye online dan kerjasama penanganan kasus.

#CintaBukanLuka

Kampanye HelpNona yang berfokus pada level raising awareness tentang apa itu kekerasan oleh pasangan.

#BertuturBerani

Kampanye HelpNona yang berfokus pada dukungan bagi korban dan penyintas kekerasan berbasis gender, khususnya kekerasan oleh pasangan.

#KelasDukunganVirtual

Kampanye HelpNona yang berfokus pada edukasi masyarakat untuk menjadi jejaring sistem dukungan bagi upaya penghapusan kekerasan berbasis gender di lingkungan sekitar kita.

Nike Nadia

Founder of HelpNona

Letter from the Founder

“Woman must write her self, must put herself into the text – as into the world and into history – by her own movement . Women should break out of the snare of silence.” 

– Helene Cixous –

Apa yang disampaikan Cixous tentang feminine writing menjelaskan pentingnya seseorang, khususnya perempuan menulis. Masih menurut Cixous, melalui tulisan sejatinya kita dapat merebut relung-relung sunyi yang selama ini tidak dapat dibicarakan dan dapat memotivasi Individu agar mengubah caranya ber-Ada serta melakukan perubahan.

HelpNona dimulai dari sebuah tulisan sederhana di blog. Dengan harapan dapat membangun diskusi dan ruang aman bagi individu yang hendak berproses dalam menghadapi kompleksitas isu kekerasan oleh pasangan. Untuk itu, HelpNona ada untuk semua pihak yang bersedia berbagi daya dan mengulurkan tangan untuk saling mendukung .

Salam hangat untuk teman-teman semua. Salam hormat untukmu yang memilih #BertuturBerani, dari kami yang juga masih terus belajar dan berproses. Mari bertumbuh bersama.