Skip to content

Rekomendasi Bacaan Sebelum Menikah

Pernikahan merupakan suatu “kejadian besar” yang akan mengubah hidup seseorang. Perubahan yang akan terjadi berupa perubahan secara fisik maupun mental. Perubahan secara fisik misalnya: berpindah rumah, berbagi pekerjaan rumah dengan pasangan, hingga merawat anak saat sudah memilikinya.


Sementara secara mental, upaya untuk mengungkapkan pikiran secara jujur dengan pasangan dan mengambil keputusan dari dua kepala yang berbeda juga merupakan suatu kebaruan yang memerlukan penyesuaian diri. Karena itu, tak sedikit dari kita yang takut untuk menikah lalu mengikuti konseling pra-nikah terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukannya.

Selain mengikuti konseling pra-nikah, kita juga dapat mempersiapkan pernikahan dengan membaca rekomendasi buku bacaan berikut.

It’s not You, It’s Biology
Buku ini membahas mengenai perbedaan pikiran dan perilaku antara perempuan dengan laki-laki secara biologis, historis, dan psikologis. Topik-topik pembahasannya antara lain adalah mengenai bagaimana proses jatuh cinta terjadi, permasalahan seksualitas, dan bagaimana stigma “laki-laki takut komitmen” dijelaskan dari sisi biologis. Dengan buku ini, kita belajar untuk memahami pasangan dan diri sendiri sehingga dapat meminimalisasi kesalahpahaman antara satu sama lain.


Life as Divorcee
Buku ini membicarakan sisi-sisi tersembunyi pernikahan yang seringkali dihindari untuk dibicarakan. Penulis menekankan pentingnya pre-marriage talk bagi pasangan yang akan menikah sebagai salah satu bentuk persiapan pernikahan, sehingga dapat memiliki kehidupan pernikahan yang nyaman. Selain itu, buku yang tidak terkesan menggurui ini juga membahas mengenai pertimbangan-pertimbangan sebelum memutuskan untuk bercerai, perkara hak asuh anak, KDRT, hamil di luar nikah, dsb.


Seni Mencintai
Buku ini memiliki perspektif yang unik bahwa cinta bukanlah perasaan yang dapat dinikmati dengan mudah. Buku ini meyakinkan pembaca bahwa segala jenis cinta akan gagal, kecuali bila kita berusaha mengembangkan kepribadian secara total. Lebih lanjut, buku ini membahas pemikiran Erich Fromm tentang teori cinta, objek cinta, praktik cinta, dan kehancuran cinta dalam masyarakat Barat Kontemporer.


Belajar Mencintai
Buku ini juga menekankan kemampuan untuk mencintai, dibandingkan menuntut untuk dicintai. Pembahasannya mencakup pada kehidupan pernikahan, adaptasi pada masa lima tahun awal pernikahan, pentingnya menerima diri sendiri sebelum menikah, pentingnya mengenai lalu menerima pasangan, dsb.


Kitab Kawin
Novel ini berisi kumpulan kisah-kisah pernikahan dari beragam perempuan dari berbagai latar belakang. Konflik pernikahan yang terjadi berupa perselingkuhan karena masalah seksual, hingga selingkuh karena membalas suaminya yang selingkuh lebih awal. Tokoh-tokoh dalam novel ini berani merumuskan ulang aturan-aturan pernikahan untuk diri mereka sendiri.


Lebih Senyap dari Bisikan
Novel ini menjelaskan kehidupan pernikahan antara dua orang muda yang baru pertama kali menikah. Masalah dimulai dari upaya berhasil hamil, perubahan saat hamil, hingga kehidupan mengurus anak yang tidak dijelaskan dalam buku panduan menjadi orang tua dan utas Program Hamil pada umumnya. (Rheandita Vella Aresta)

Referensi:
https://www.goodreads.com/book/show/4254733-it-s-not-you-it-s-biology
https://www.goodreads.com/book/show/56654539-life-as-divorcee
https://books.google.co.id/books/about/Seni_Mencintai.html?id=KgG8DwAAQBAJ&redir_esc=y
https://www.goodreads.com/book/show/45738113-belajar-mencintai
https://www.goodreads.com/book/show/57114740-kitab-kawin
https://www.goodreads.com/book/show/58335374-lebih-senyap-dari-bisikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *