Skip to content

Membangun Self-Esteem Setelah Mengakhiri Toxic Relationship

Mengenal Self-Esteem
Self-esteem adalah cara seseorang memandang dan menghargai dirinya sendiri. Ketika seseorang melakukan suatu tindakan, maka hal tersebut tidak lepas dari self-esteem yang dimiliki.


Self-esteem tidak hanya membantu seseorang untuk mengetahui tindakan apa yang benar untuk bisa menghargai diri mereka sendiri, namun juga mendorong seseorang lebih percaya diri untuk memberikan versi terbaik yang dimiliki olehnya.

Self-esteem yang dikelola dengan baik bisa membawa seseorang mencapai kesuksesan dan berhasil menjalin hubungan yang sehat dengan pasangannya. Namun, tak jarang seseorang yang sebelumnya memiliki self-esteem yang baik bisa berubah menjadi buruk ketika terjebak dalam toxic relationship.

Dampak Toxic Relationship pada Self-Esteem
Toxic relationship bisa memberi dampak negatif yang luar biasa, apalagi jika hubungan tersebut berlangsung cukup lama. Ketika seseorang terjebak dalam toxic relationship, banyak dampak buruk secara fisik dan mental yang mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Hal inilah yang lantas menyebabkan seseorang bisa kehilangan self-esteem-nya.


Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Childress menggambarkan pengalaman mereka yang terjebak dalam hubungan toxic sebagai hal yang menghancurkan harga diri dan identitas diri mereka. Pengalaman tersebut diwujudkan dalam perasaan sedih, isolasi, perasaan degradasi, dan putus asa. Pengalaman-pengalaman ini menciptakan erosi diri dan dapat menyebabkan korban merasa kehilangan kendali atas tubuh dan dalam membuat keputusan.


Perilaku pasangan yang abusive bahkan seringkali membuat korban merasa tertekan dan terpojok hingga tidak memiliki pilihan untuk bisa menentukan pilihan terbaiknya karena harus dipaksa menuruti pasangan. Paksaan, ancaman, dan perilaku beracun yang terus diterima lambat laun bisa mengikis tingkat kepercayaan diri —baik pada dirinya sendiri maupun ketika berinteraksi dengan orang lain.

Ketika terjebak dalam hubungan beracun, seseorang cenderung akan menutup diri dan memilih untuk tidak jujur pada dirinya sendiri maupun orang-orang terdekatnya. Acapkali, hubungan yang beracun menyebabkan seseorang kehilangan jati dirinya dan perlahan mempertanyakan eksistensi diri.

Cara Membangun Kembali Self-Esteem
Tubuh dan keputusanmu adalah hakmu seutuhnya. Tidak ada yang berhak mengontrol atau memaksanya kecuali dirimu sendiri. Oleh karena itu, jika kamu saat ini tengah dalam proses membangun kembali self-esteem setelah keluar dari toxic relationship, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Lepaskan emosimu secara perlahan.
    Jangan terlalu lama memendam perasaan atau emosi yang kamu miliki selama terjebak dalam toxic relationship. Lepaskan emosi yang mengendap dalam pikiranmu melalui medium yang bisa membantumu lebih relax seperti melukis, membuat jurnal, atau melakukan meditasi.
    2. Beri ruang untuk sendiri.
    Tetapkan waktu khusus untuk memberi ruang pada dirimu sendiri untuk mengenal dirimu kembali secara utuh. Cari tempat terbaik dengan suasana yang tenang dan nyaman sehingga kamu bisa kembali melakukan ‘dialog’ dengan dirimu sendiri.
    3. Berkumpul dengan orang-orang yang bisa kamu percaya.
    Kembalilah ke orang-orang terdekat yang bisa kamu percaya. Jadikan orang-orang tersebut sebagai sandaran sekaligus untuk mencurahkan perasaanmu. Dukungan dari mereka bisa sangat berarti untuk membangun kembali dirimu yang rapuh dan sedang mencoba untuk bangkit.

Membangun kembali self-esteem tidak bisa dilakukan secara instan. Pastikan kamu melakukannya secara perlahan dan menjadikan setiap prosesnya sebagai momen berharga untuk membuat dirimu kembali utuh dan percaya diri. Pastikan untuk selalu seimbang dalam menjaga kesehatan diri—baik kesehatan fisik dan mental. (Melisa N)

Referensi:
Cherry, Kendra. 2021. What Is Self-Esteem? [daring]. Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/what-is-self-esteem-2795868 (Diakses pada 15 April 2022).
Lancer, Darlene. 2021. Your Self-Esteem Might Be Ruining Your Relationshp [daring]. Psychology Tiday. https://www.psychologytoday.com/us/blog/toxic-relationships/202105/your-self-esteem-might-be-ruining-your-relationship (Diakses pada 15 April 2022).
Matheson, F. I., Daoud, N., Hamilton-Wright, S., Borenstein, H., Pedersen, C., & O’Campo, P. 2015. W’’here Did She Go? The Transformation of Self-Esteem, Self-Identity, and Mental Well-Being among Women Who Have Experienced Intimate Partner Violence’’. Women’s Health Issues. 25.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *