Skip to content

Apakah Trauma Bisa Diturunkan oleh Keluarga?

Mengenal Intergenerational Trauma
Tahukah kamu bahwa keluarga tidak hanya menurunkan kondisi genetik dan karakteristik fisik, tetapi juga bisa mewariskan trauma yang disebut dengan istilah “trauma antargenerasi” atau intergenerational trauma?


Trauma antargenerasi yaitu trauma yang tidak hanya dialami oleh satu orang saja, tetapi meluas dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Perluasan atau “penularan” trauma tersebut bersifat tersirat, halus, terselubung, dan tidak dapat didefinisikan.

Trauma ini memanifestasikan dirinya dalam bentuk: stres, cemas, dan menutup diri melalui pola perilaku lintas generasi yang dipelajari, diyakini, dan tertanam di otak bawah sadar. Karena itu, perilaku yang merupakan efek dari trauma ini seolah bersifat menurun dari generasi ke generasi. Perilaku semacam apa saja yang dipengaruhi oleh trauma? Trauma tersebut memengaruhi karakter pribadi, cara berhubungan, pola pengasuhan anak, cara komunikasi, dan cara pandang terhadap dunia. Contohnya adalah seorang ibu yang merasa diabaikan oleh orang tuanya membuat anaknya merasa diabaikan juga olehnya melalui perilaku-perilakunya dengan tanpa sadar.

Tanda-tanda Mengalami
Trauma dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh yaitu membuatnya menjadi tidak berfungsi dengan baik (menjadi terlalu aktif atau kurang aktif) sehingga berpotensi menimbulkan autoimun atau penyakit yang lebih besar lainnya. Trauma juga memengaruhi sistem kekebalan di otak yang bernama “Mikroglia”. Dalam keadaan trauma reaktif yang tinggi, mikroglia tidak meningkatkan pertumbuhan dan memperbaiki kerusakan, tetapi menggerogoti saraf. Mikroglia yang rusak dapat menyebabkan depresi, kecemasan, dan demensia. Mikroglia yang rusak tersebut diterjemahkan ke dalam perubahan genetik dan diturunkan ke generasi selanjutnya.


Selain itu, trauma antargenerasi juga disebabkan oleh kurangnya kesadaran mengenai trauma yang sedang alami. Misalnya, sebuah keluarga tidak menyadari bahwa karakternya dibentuk oleh suatu peristiwa dalam hidup (KDRT, pelecehan seksual, ditelantarkan, korban perang, dsb) dan tidak mencari pertolongan professional karenanya. Merekapun mewajarkan karakter-karakter bentukan trauma tersebut. Memangnya, bagaimana cara mengetahui bahwa kita sedang mengalami trauma?

  • Mati rasa emosional
  • Merasakan kesedihan yang rumit dan tidak kunjung berakhir
  • Mengisolasi dan menarik diri dari lingkungan sosial
  • Waspada berlebihan
  • Sulit percaya dengan orang lain
  • Suicidal thought
  • Mudah marah dan takut
  • Daya ingat berkurang
  • Merasa tidak terhubung dengan orang lain

Lalu, Harus Bagaimana?
Apabila kamu baru saja mengalami peristiwa yang membuatmu merasa mengalami gejala-gejala di atas, kamu dapat melakukan beberapa hal berikut:


Mencari bantuan professional
Perawatan untuk mengatasi peristiwa traumatis adalah dengan terapi menggunakan bantuan professional. Ada berbagai metode terapi yang bisa digunakan. Metode NET bertujuan membantu klien membingkai ulang pengalaman traumatis dengan cara membawa diri kembali ke saat terjadinya peristiwa traumatis dan mengajak klien memaknai ulang peristiwa tersebut. Metode TF-CBT dilakukan dengan mengajari cara mengekspresikan diri, menghadapi stressor, dan memproses narasi trauma pada anak-anak dan remaja.


Merefleksikan trauma selama proses terapi
Sadari bahwa siklus trauma antargenerasi perlu diputus dan lakukan percakapan yang otentik dengan diri sendiri mengenai trauma-trauma yang terjadi, dengan mempertimbangkan pertanyaan-pertanyaan berikut.

  • Bagaimana keluarga saya menangani stres? Apakah kami memiliki support system?
  • Biasanya, bagaimana saya dan keluarga saya menangani situasi yang menantang?
  • Apakah kami memperhatikan kesehatan mental?
  • Apakah keluarga saya menceritakan peristiwa yang sama (seolah bertalian, misalnya ayah dan anak sama-sama pernah berselingkuh) dan bagaimana peristiwa itu memengaruhi keluarga kami? (Rheandita Vella Aresta)

Referensi:
https://www.choosingtherapy.com/intergenerational-trauma/
https://www.health.com/condition/ptsd/generational-trauma
https://michaelgquirke.com/recognize-these-intergenerational-trauma-signs-symptoms/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *