Safety Tips : Women’s Self Defense

      Gak ada salahnya loh untuk kita belajar women’s self defense dalam rangka berjaga-jaga. SOS Safety Community adalah sebuah komunitas safety yang melatih kita untuk bersiap menghadapi kondisi yang mengancam, termasuk ancaman kekerasan oleh pasangan. Di sini, kamu akan dikenalkan pada metode-metode safety training, seperti safety mindset, safety skill, hingga dukungan safety community. Jadi, kamu akan dibekali dengan pengetahuan safety mindset dan skill, bukan sekedar self defense saja. Tujuannya tentu untuk berjaga-jaga saat kamu menghadapi kondisi darurat, sehingga tahu bagaimana harus bertindak menyelamatkan diri.

 

      HelpNona berkesempatan untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai seluk beluk women’s self defense dengan perwakilan SOS Safety Community, Daniel Laihad. First thing first, SOS Safety Community menjelaskan bahwa komunitas ini adalah komunitas safety yang diperuntukkan khususnya untuk perempuan dan anak-anak. Di sini kita tidak diajarkan untuk bertarung. Melainkan aware pada kondisi-kondisi yang sekiranya mengancam. Selain mempelajari self defense, anggota komunitas juga dibagi tips tentang safety mindset.
 
    SOS Safety Community sendiri bermula dari kesadaran sang pendiri akan tingginya angka kekerasan yang salah satunya menyasar diri perempuan. Nah, SOS Safety Community ada untuk mengedukasi para perempuan agar merasa berdaya untuk mempelajari seluk beluk self defense. Dengan pengetahuan women’s self defense, diharapkan kamu akan memiliki dasar-dasar kemampuan untuk melindungi diri. Beberapa hal di bawah ini adalah informasi yang perlu kamu tahu tentang women’s self defense :
 
      1. Berapa lama kita bisa menguasai jurus-jurus dalam women’s self defense?
     Di SOS Safety Community, kamu tidak diajarkan untuk bertarung dan belajar jurus-jurus yang membingungkan. Justru kamu akan diajak untuk awas pada ancaman kejahatan yang mungkin mengancam. Dengan memahami bentuk-bentuk ancaman dan cara mengatasinya. kamu diangggap berdaya untuk mempertahankan diri.
 
   2. Bagaimana kalau aku tidak pandai olahraga dan staminanya tidak kuat? Apa bisa mempelajari women’s self defense?
    Sangat bisa. Karena kembali lagi, semua tentang mindset. Misal saat kita disiuli orang tak dikenal, perasaan sungkan atau takut atau menegur kerap muncul. Perasaan-perasaan ini mungkin ada karena kita merasa tidak bisa berbuat banyak. Padahal jika kita aware dan tahu triknya, siapa pun bisa mempelajari hal ini dan do something about it.
 
     3. Apa sih manfaat mempelajari women’s self defense?
    Hal paling utama tentu pola pikir yang lebih terbuka bahwa kita sama sekali tidak lemah, dan sejatinya bisa melindungi diri. Yang kedua, belajar self defense bisa melatih tubuh untuk merespon dengan benar. Yang terakhir, belajar self defense juga bisa membuat kamu lebih fit dan menjaga stamina.
 
      4. Apa bedanya metode women’s self defense dengan metode self defense yang umum?
    Perbedaan ada pada gerakan yang diajarkan dan penggunaan tenaga. Gerakan women’s self defense biasanya sederhana, tapi efektif. Selain itu banyak menggunakan taktik dan pertimbangan timing yang tepat.
 
     5. Tips women’s safety saat mengalami keadaan terancam karena pasangan berlaku kasar di tempat tertutup?
    Dalam ruang tertutup dan keadaan terancam, ada baiknya untuk tidak serta merta membalas luapan emosi pasangan. Observasi keadaan ruangan, adakah jalan untuk keluar dari tempat tersebut? Jika ya, segera tinggalkan sebelum kekerasan yang dilakukan semakin memuncak. Namun jika tidak ada cara untuk  keluar, carilah waktu yang tepat untuk melumpuhkan pasangan  dengan menggunakan taktik yang sekiranya bisa mengalihkan perhatiannya. Kamu bisa sementara melumpuhkan pasangan dengan menggunakan kunci kendaraan, kunci rumah, dan barang-barang lainnya yang ada di dekatmu. Untuk mengetahui cara penggunaannya bisa mengunjungi website www.sossafetyacademy.com atau Fanpage FB SOS Safety Community ya!
 
Source : BuzzfeedVideo Youtube Channel
Source Partner:
SOS Safety Cmmunity
Special thanks to Daniel Laihad
www.sossafetycommunity.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *