Mengakses Layanan Psikologi

 
Dampak dari pola kekerasan oleh pasangan dapat berpengaruh pada psikis dan mental korban. Sehingga, lembaga psikologi mempunyai peran penting di dalam mengobati trauma para korban.
​(Sri Juwita Kusumawardhani, Psikolog)
       Pandangan psikologi melihat kekerasan dalam hubungan personal adalah bentuk dominan kekuasaan yang secara mayoritas disalahgunakan oleh pihak laki-laki terhadap perempuan di dalam sebuah hubungan atau perpisahan. Di dalam banyak kasus, korban kekerasan lebih banyak terjadi pada pihak perempuan. Hal ini disebabkan karena adanya konstruksi sosial yang memicu ketimpangan gender antara perempuan dengan laki-laki. Dampak dari pola kekerasan oleh pasangan dapat berpengaruh pada psikis dan mental korbannya. Sehingga, lembaga psikologi mempunyai peran penting di dalam mengobati trauma para korban.
    Menurut narasumber, Sri Juwita Kusumawardhani, M.Psi, Psikolog, untuk menghubungi lembaga psikolog, biasanya para klien akan membuat janji temu terlebih dahulu. Hal ini dilakukan sebelum proses konseling tatap muka berlangsung. Selain itu, konseling online bisa menjadi alternatif pilihan bagi mereka dalam proses pengobatan. Dalam menjalankan prakteknya para psikolog menerapkan harga yang beragam. Harga yang ditentukan tergantung dari pengalaman seberapa lama dari psikolog itu sendiri hingga dari segi kompleksitas kasus yang dialami pasien. Untuk mendapatkan penyembuhan di lembaga psikologi biasanya para klien disarankan untuk mencari layanan psikolog yang terdekat dengan tempat tinggal dan sesuai dengan kemampuan. Contohnya per tahun 2018, Yayasan Pulih di daerah Pasar Minggu menetapkan harga Rp 150.000/sesi, Klinik Terpadu Universitas Indonesia Depok menetapkan harga Rp 170.000/jam atau layanan psikologi di puskesmas biasanya memiliki biaya yang lebih murah dari umumnya.
     Usaha dari klien untuk mendapatkan pengobatan yang optimal akan mempengaruhi durasi penanganan dari psikolog itu sendiri. Narasumber Sri Juwita Kusumawardhani, M.Psi, Psikolog, menjelaskan bahwa dalam proses pengobatan berlangsung, psikolog akan memulainya dengan membaca kasus terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar mereka dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi pasien tersebut . Tujuannya agar psikolog dapat memastikan setiap keputusan yang diambil sesuai dengan kondisi pasiennya. Selain itu, luka psikologi yang dipicu oleh tindak kekerasan dalam hubungan juga membutuhkan durasi penanganan yang lama. Kondisi klien umumnya akan dievaluasi setiap empat pertemuan dan dilihat setiap progressnya.
   Demikian informasi terkait lembaga layanan psikologi yang dapat kamu akses. Semoga berguna, ya!
(Alexandra Fenetta)
Narasumber:
Sri Juwita Kusumawardhani, M.Psi, Psikolog
Sanny Novelty

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *