How To : Mengurangi Pikiran dan Emosi Negatif

    Ini nih cara ampuh untuk mengurangi emosi negatif. Apa saja, ya?
    1. Show Your Achievement 
Contohnya dengan membuat tempelan yang berisi pernyataan;
“ Hari ini, tanggal ini, tahun ini, saya berhasil lulus sarjana, kemudian saya diterima kerja, berikutnya lagi saya bisa memberi uang ke orang tua.”
Pencapaian tersebut ditulis sebagai penyemangat dan jika kamu dikelilingi dengan kata-kata positif, maka kamu pun akan memiliki mindset positif .
    2. Memaafkan 
Memperbanyak forgiving ke orang lain menjadi salah satu cara. Namun demikian,  sebelum memaafkan orang lain, maafkanlah diri sendiri, karena kemarahan pada diri menyebabkan mental block pada kita, lho!
    3. Sharing is Caring
Tidak ada salahnya berdiskusi dengan orang lain. Meski pun kamu tidak mendatangi  psikolog, tidak mendatangi motivator, tapi berdiskusilah dengan seseorang yang kamu percaya. Nah, ingat bahwa saran perlu disaring juga, mungkin ada orang yang  mempunyai motif negatif dan persepsinya negatif terhadap kita. Kalau sudah begitu, jangan replikasi aura negatifnya ya.
    4. The Power of Me Time
Kadang-kadang kamu perlu waktu untuk sendiri. Yup, me time itu penting banget, hanya saja, kadang-kadang kita salah kaprah dengan pengertian me time. Banyak orang berpikir bahwa me time itu shopping atau malah ke salon semata. Dalam konteks psikologi, hal tersebut sebenarnya boleh dilakukan, tapi tidak terbatas itu saja. Me time nyatanya termasuk juga dengan merenung, mendengarkan musik kesukaan, tidak ada orang lain yang mengganggu, rilex, membaca buku yang disuka, yoga, bahkan masak sesuatu yang disuka. Kita perlu banget sekali-kali me time, terutama jika ada peristiwa-peristiwa yang tidak biasa.
    5. Semangat Positif
Kamu perlu mengingat kembali kata-kata positif apa yang bisa membuat kamu berhasil bangkit. Lakukan itu! Dijamin kamu akan lebih mengapresiasi diri sendiri dan self esteem pun akan naik.
    Jika kamu telah mencintai diri sendiri, memaafkan diri sendiri, jujur pada diri sendiri, maka caramu memperlakukan diri sendiri pun akan menentukan standar bagaimana orang lain memperlakukan mu. Setuju?
(Ika Mulyana)
 Narasumber:
Masfuukhatur Rokhmah, M. PSI., Psikolog RSU Jagakarsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *