Cycle of Abuse

 

 
 
Abusive relationships can be very difficult to break the cycle once it begins. 
 –  aware.org –

 

 

 

      Tahukah kamu  apa itu cycle of abuse? Lingkaran kekerasan atau yang biasa disebut cycle of abuse adalah pola kekerasan yang bekelanjutan dalam suatu hubungan relasi personal. Menurut Aware : Adolescents Working For Awesome Relationship Experiences dalam website nya www.awarenow.org , memutus rantai kekerasan dalam hubungan yang penuh kekerasan ternyata sama sekali gak mudah, loh. Berikut adalah fase-fase dalam cycle of abuse:

 
      1. Fase Ketegangan
    Fase ini dimulai dengan adanya perbedaan yang menimbulkan perdebatan. Suasana mulai memanas. Salah satu pihak mulai menggunakan kontrol dan kuasa. Sebaliknya, pihak yang lain mulai merasa tersudut dan ketakutan.
 
      2. Fase Kekerasan
  Suasana yang memanas membuat kekerasan terjadi. Mengancam, meneror, sampai kekerasan fisik terjadi pada fase ini.
 
      3. Fase Maaf
   Selanjutnya, pelaku mulai dapat meredam emosinya. Ia bisa saja meminta maaf, mencari pembenaran, menyalahkan korban, atau bahkan mengatakan bahwa kekerasan yang terjadi beberapa waktu lalu tidak seburuk yang dibayangkan.
 
      4. Fase Bulan Madu
   Ketegangan yang terjadi kemarin sudah berlalu begitu saja. Semua terasa bahagia. Akan tetapi, fase ini biasanya akan segera berlalu dan kembali pada fase pertama.
 
     Menurut wawancara HelpNona dengan Lembaga Bantuan Hukum APIK Jakarta, ada beberapa hal yang bisa kita ingat untuk menghindari bentuk kekerasan oleh pasangan yang berulang. Wah, apa saja ya?
 
      Be Smart!
    Yuk jadi perempuan yang mengetahui hak atas tubuh dan dalam hubungan yang kita jalani bersama pasangan.
 
       Satu Kekerasan, Tidak Lagi
     Bentuk kekerasan dalam relasi personal umumnya kerap berulang. Jangan mudah percaya kalau si dia bilang tidak akan mengulangi hal yang sama.
 
 
 
Referensi:
1. www.awarenow.org : Adolescents Working For Awesome Relationship Experiences (AWARE)
 
Narasumber:
LBH APIK JAKARTA
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *