Bagaimana Cara Agar Kita Dapat Berbahagia?

​     Bahagia merupakan salah satu perasaan yang sering dirasakan oleh manusia. Kebahagiaan juga merupakan hal yang sering dicari oleh kita. Akan tetapi, tahukah kamu apa sebenarnya bahagia itu ?
    Bahagia merupakan sifat subjektif yang bergantung kepada tujuan hidup kita. Sehingga, bahagia bisa diartikan berbeda oleh orang lain. Kamu yang merasakan kebahagiaan dalam hidupnya, pasti akan mengalami suatu perkembangan dalam hidup. Hal ini dikarenakan perasaan bahagia mempengaruhi cara pandang, perilaku, komunikasi, dan gesture tubuh kita pada saat menjalani kehidupan.
    Arti kata “bahagia” ternyata mempunyai makna yang berbeda dengan arti kata “senang”. Secara filsafat, kata “bahagia” merupakan kenyamanan dan kenikmatan spiritual dengan sempurna dan rasa kepuasan, serta tidak adanya cacat dalam pikiran sehingga merasa tenang serta damai. Seperti yang diungkapkan oleh Veenhoven, konsep kebahagiaan adalah sinonim dari kepuasan hidup.
     Kebahagiaan memang tidak bisa kita tebak. Kita tidak bisa mengukur tingkatan yang mana yang bisa disebut sebagai suatu kebahagiaan. Bagaimana sih caranya agar kamu bisa bahagia? Inilah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan yang dikutip dari Emma Kenney, seorang terapis psikologis.
      Me Time
    Sesibuk apapun kamu dalam kehidupan sehari-hari, kamu juga butuh yang namanya “me time”. Yups, me time diperuntukkan untuk kamu melakukan kegiatan-kegiatan yang kamu sukai. Baik hobi, bertemu dengan teman atau bahkan sekedar untuk bersantai di taman. Hal ini bisa dilakukan agar kesehatan mentalmu tetap terjaga dan positif.
     Menentukan Tujuan Hidup
  Menerka-nerka masa depan memang terkadang menakutkan, tapi bukan berarti kita membiarkan hidup kita berjalan tanpa arah yang pasti. Kamu bisa membuat daftar hal-hal apa saja yang kamu ingin lakukan. Mulai dari hal yang sepele hingga yang serius. Jika kamu berhasil melakukan tujuan kamu dengan baik, pasti kamu akan merasakan suatu kepuasan tersendiri.
    Membantu Orang di Lingkungan
   Membantu orang yang ada di sekitaran lingkunganmu merupakan salah satu kegiatan yang bisa menimbulkan kebahagiaan di dalam diri. Apalagi jika kita bisa merubah dunia orang tersebut menjadi lebih baik. Ada suatu perasaan bahagia bercampur bangga, karena kita bisa menjadi salah satu orang yang berpengaruh dalam hidupnya.
    Move On
   Masa lalu memang merupakan salah satu faktor yang suka sekali menghambat kebahagiaan kita. Nah, kita tidak bisa terus berpikir “seandainya” di masa lalu. Hal ini menyebabkan kita tidak akan bisa move on, yang berdampak dengan kebahagiaan kita. Kita akan bisa lebih bahagia, ketika kita sudah bisa menerima kejadian-kejadian di masa lalu dan berharap lebih kepada masa depan.
    (Valya Annisya)
 
Referensi:
Artikel Emma Kenney

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *