Apa Itu Relasi yang Gak Sehat ?

    Sebenarnya apa sih relasi yang gak sehat itu? Ternyata hubungan yang berdasarkan power dan control, bukannya equality dan respect adalah hubungan  yang tidak sehat. Sedihnya, kita mungkin tidak menyadari tanda-tanda awal dari abusive relationship ini. Bahkan lama kelamaan tindakan posesif hingga merendahkan akan berakibat buruk pada diri kita, loh.CeweQuat, sebuah women’s mentorship & network program through community memaparkan pada HelpNona tanda-tanda hubungan yang udah gak sehat lagi. Adakah ciri-cirinya pada hubunganmu?
  1. Pasangan posesif dan sangat insecure sama kita
  2. Hidup kita dipenuhi ketakutan kalau pasangan marah saat kita punya teman baru, lingkungan baru,sampai bergaul sana sini
  3. Mulai mengambil keuntungan dari kita, seperti mengintimidasi tentang seks hingga adanya kekerasan dalam  bentuk fisik/verbal.
     Nah, untuk terhindar dari hubungan semacam ini, ada baiknya kita simak baik-baik langkah di bawah ini:
  1. Pahami bahwa menghina, cemburu, menuduh, membentak, dan tindakan fisik lainnya adalah bentuk dari penguasaan dan kontrol pasangan kepadamu. Ini bukanlah kesalahanmu.
  2. Jika sudah dalam fase hubungan yang tidak sehat, ingatlah bahwa kekerasan adalah pilihan dan kamu berhak untuk dihargai dan tidak mendapat kekerasan tersebut. There is no excuse for abuse of any kind.
  3. Pada akhirnya, cuma pelaku yang bisa merubah dirinya sendiri. Jangan terjebak dengan pola pikir bahwa ‘suatu saat ia akan berubah’ dan kamu ingin menyelamatkannya.
  4. Fokuslah pada kebutuhanmu. Sudahkah kamu mencintai dirimu sendiri? Jika hubungan yang kamu jalani membuatmu makin tak bahagia, untuk apa bertahan?
  5. Connect with your support systems. Keluarga, sahabat, hingga HelpNona akan dengan senang hati menjadi sahabatmu. Apa yang kamu alami bukanlah aib.
    Ketimbang memikirkan 1001 alasan untuk kamu bertahan, mengapa kamu tidak melihat dari sudut pandang lain? Kamu berhak loh merasa aman dan bahagia dengan berpisah dari pasangan pelaku kekerasan.. Pertimbangkan baik-baik opsi untuk berpisah sebelum dampak buruk dari hubungan yang gak sehat semakin menjadi-jadi.
    Apa yang bisa kita lakukan jika terjebak dalam hubungan  yang tidak sehat?
1. Sadar bahwa kita gak berhak diperlakukan seperti itu
2. Sadar bahwa cinta gak berjalan seperti itu
3. Sadar hidupmu masih terlalu muda dan panjang hanya untuk berfokus pada satu orang yang tidak memberi dampak positif untuk kita
4.Sadar bahwa orang tua kita gak pernah mendidik kamu, membesarkan kamu , berkorban akan banyak hal cuma untuk melihat anaknya diperlakukan tidak baik oleh pasangannya.
-Bunga Mega, Founder @CeweQuat –
Referensi:
http://loveisrespect.org
 
Source Partner:
Special Thanks to Mbak Bunga Mega
​CeweQuat 
www.cewequat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *